10 Komik Tentang Musik Yang Harus Dibaca

10 Komik Tentang Musik Yang Harus Dibaca

Oleh -
0 1999
Aksen-Komik-Tentang-Musik-featured-image

Ketika Rollingstone Indonesia mengangkat sebuah tulisan bertajuk “Gagasan Menyinergikan Komik dan Musik Indonesia”, saya terilhami untuk menulis sebuah tulisan dengan tema komik tentang musik. Ini ditulis berdasarkan pemahaman dan pengetahuan saya tentunya.

Seperti kita tahu, meskipun keduanya sama-sama berada di ranah budaya pop, perkembangan kedua hal ini sangatlah jauh berbeda. Musik Indonesia, boleh dikata telah menjadi raja di tanahnya sendiri. Ratusan musisi lahir, berkembang, dan berkarya dalam hingar bingar panggung musik tanah air. Dari yang dirilis major label ataupun independen, bergenre metal hingga dangdut, klasik sampai kontemporer, semua saling berebut simpati khalayak.

Kondisi yang jelas berbanding terbalik dengan Komik Indonesia. Meski pernah berjaya di dekade 70-an, (era yang disebut sebagai era kejayaan Komik Indonesia), kondisi komik Indonesia setelah era itu, setidaknya hingga akhir dekade 2000-an, maaf kata, sangat menyedihkan. Jumlah terbitan komik sangatlah sedikit. Jika kita dapat mengikuti banyaknya perdebatan perdebatan yang seru ataupun menjijikkan antara musik major label dan indie, dan perdebatan antar genre dalam musik yang sampai sekarang tak jua selesai, dalam dunia komik justru sangat sepi. Bagaimana mungkin muncul perdebatan dan diskusi jika terbitan komiknya saja bahkan tak pernah ada.

Tentu saja saya terlalu hiperbolik bila mengatakan tak ada penerbitan sama sekali, karena pada kenyataannya dunia komik, meski sangat sepi, tapi tak mati. Semangat untuk terus memunculkan komik-komik lokal di tanah air sendiri ini sesungguhnya tetap bertahan. Dan semangat itu, jika dilihat dari jumlah penerbitan komik dalam dua tahun terakhir, menunjukkan peningkatan yang cukup untuk membuat penikmat komik lokal tersenyum senang.

Nah, lalu apa kaitannya dengan artikel Rolling Stone tadi? Baiklah, begini. Saya sebenarnya tidak cukup paham bentuk seperti apakah yang dimaksudkan Rolling Stone sebagai kesinergian antara komik dan musik. Apakah itu semacam soundtrack untuk sebuah komik, komik untuk sebuah album musik, komik tentang musik atau lagu yang diangkat dari kisah komik, atau musikalisasi komik, atau komikalisasi musik, ataukah komik yang berkaitan dengan kisah seorang seniman musik/band?.

Nah, untuk yang terakhir, yaitu komik yang mengisahkan seniman musik/musisi/band adalah sama dengan maksud saya membahas komik tentang musik. Berikut adalah 10 komik yang berhasil saya himpun berdasarkan koleksi pribadi yang saya miliki.

1. Kornchonk Chaos – Iwank

Aksen-komik-tentang-musik-Kornchonk-ChaosChandra Agusta | Sekuensi.com

Ini adalah komik biografi dari sebuah band parodi bernama Kornchonk Chaos, dimana Iwank juga menjadi salah satu personelnya. Band ini cukup punya nama di Jogja, dan di komik ini Iwank menceritakan asal usul dan perjalanan Kornchonk Chaos dengan jujur, lugas dan datar. Sangat khas Iwank. Tak ada cerita cerita heroik dan penuh dramatisasi, apalagi nasihat dan moral. Kekonyolan dan banyolan sederhana justru membuat komik ini, seperti komik Iwank lainnya, jadi lebih segar untuk dibaca. Setebal 91 halaman, komik ini awalnya merupakan komik fotokopi dan sempat diterbitkan dalam bentuk komik cetak.

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Selanjutnya
Penikmat banyak hal: komik, musik, film, sastra, sejarah, hutan, gunung, tebing batu, goa, sungai, ide dan wacana, perempuan, alkohol, tembakau, agama, dan apa saja. Bekerja di bidang kehutanan sebagai Chain of Custody specialist dan berharap selalu muda.