PREVIEW: 101 Cara Memilih Pemimpin

PREVIEW: 101 Cara Memilih Pemimpin

Oleh -
0 56
101-Cara-Memilih-Pemimpin
  • Cerita: Kurnia Harta Winata, Dwi ‘Chito” Purnomo
  • Visual: Dharmika Adhyaksa Putra
  • Penerbit: Cendana Art Media
  • Harga: Rp 35.000 (Informasi Pembelian)
  • Tahun Terbit: April 2014

Orang menyebut tahun ini adalah tahun politik, karena konon katanya ada “pesta demokrasi” yang disebut Pemilu, di mana warga negara yang sudah memenuhi kualifikasi administrasi untuk memilih “dipersilakan” untuk memilih wakil rakyat – yang dipercayai, tentu saja – untuk duduk di parlemen dan di kursi Presiden. Dan karena tahun ini adalah tahun di mana orang bisa ikut larut dalam “pesta”, bolehkah kita menyebut buku kumpulan komik strip berjudul 101 Cara Memilih Pemimpin sebagai salah satu produk yang ikut “merayakannya”?

Sekilas pandang, judul pada karya tersebut menyesatkan. Maksudnya, ia sanggup membuat mereka yang menemukannya di toko buku bertanya-tanya: “ini buku panduan, ya?” Disadari atau tidak, diksi yang dipilih: “101 Cara”, turut mengarahkan persepsi awam ke sana.  Meski demikian, mereka yang sudah hafal pola-pola khusus yang disajikan serial 101 lain yang juga digarap penerbit Cendana Art Media tentu tidak akan mudah terjebak dalam persepsi sempit semacam itu.

Kendati demikian, blurb pada bagian belakang produk tersebut malah memberi penegasan yang berlawanan dengan pendapat di atas. Blurb tersebut terbaca demikian:

[N]ah, bagaimana sikap kita sebaiknya dalam memilih-milih calon pemimpin yang baik bagi kita? Buku yang [A]nda pegang ini berisi cara pandang alternatif dalam memilih pemimpin dengan cara komikal yang lucu, namun tetap kritis dan aktual.

Melalui penjelasan yang gamblang seperti tertulis di atas, kita bisa melihat bagaimana penerbit Cendana Art Media memperlakukan 101 Cara Memilih Pemimpin , serta bagaimana pembaca harus mempersepsikannya. Tetapi apakah 101 Cara Memilih Pemimpin adalah buku panduan – yang sama dengan buku panduan resep masakan atau buku panduan memanipulasi foto menggunakan Adobe Photoshop – di mana melaluinya pembaca akan mendapatkan rincian penuh dengan detil tentang bagaimana cara untuk mengetahui bahwa pak Bejo, tetangga Anda, adalah calon Presiden yang cakap, pintar dan cerdas? Untuk mengetahui panduan macam apa yang akan anda dapatkan, tentu saja anda harus membaca karya tersebut sampai habis.

[pullquote-left] Tetapi apakah 101 Cara Memilih Pemimpin adalah buku panduan sebagaimana halnya buku panduan resep memasak atau buku panduan memanipulasi foto menggunakan Adobe Photoshop [/pullquote-left] Buku tersebut adalah karya yang sudut pandangnya berpusat pada tema politik, atau lebih spesifik lagi, pada fenomena Pemilu 2014. Lebih jauh lagi, Anda mungkin tidak bisa berharap 101 Cara akan menyodorkan kumpulan strip yang memperlakukan politik (Pemilu) dengan cara yang suram, serius dan galak; sebab kata “komik” di buku tersebut dikembalikan ke trah asalnya sebagai bentuk yang lucu/penuh humor.

Editor Jurnal komik Online. Penulis buku Meledek Pesona Metropolitan (2013). Menghidupi hasrat sebagai kurator komik dan penulis musik (metal). Sisi samping: seni, organizer dan bahan bacaan.