Ahmad Arsyad

Ahmad Arsyad

Oleh -
0 194
Arsyad

Kickers, demikian nama tengah tidak resmi yang tersemat di antara Ahmad Arsyad. Ia tidak pernah mendapatkan pendidikan seni secara formal. Jiwa berkomiknya dibentuk dari hasil belajar secara mandiri dan, yang lebih penting, merupakan hasil dari minatnya kepada bentuk seni sekuensial. Nama tengahnya itu agaknya merupakan alias, diambil dari judul komik pertamanya, The Kickers, yang sempat terbit dalam tiga edisi.

Ia lahir pada tanggal 6 Juli 1988 dan kini menetap di Yogyakarta. Selain mengerjakan karya untuk penerbit, ia juga sering – setidaknya sampai tulisan ini dibuat – mengerjakan komik pesanan LSM. Penggemar Takeshi Obata, Diyan Bijac, dan Ismail Sukribo ini tidak menyukai tulisan yang tidak ada gambarnya sedikitpun. Ia mulai berkomik sejak kelas 3 SMP, dan awal mula momen ngomik itu boeh dibilang merupakan semacam fondasi yang menopang penciptaan The Kickers. Ia tidak pernah mencicipi sekolah formal seni atau kursus komik, karena itu pula ia mengambil referensi teknik berkomik dengan cara mencontoh komik-komik yang sudah ada. Dari cara belajar ini, Arsyad menyerap ilmu-ilmu tentang bagaimana menyusun dan mengkomposisikan panel, atau bagaimana membuat penceritaan yang bagus. Dari sana pula ia menganggap bahwa referensi merupakan serpihan penunjuk jalan yang harapannya akan berguna baginya untuk menemukan jati diri personalnyan kelak. Personal yang khas, tentunya. Khas seorang Arsyad.

Tak punya keluhan yang berarti tentang dunia komik Indonesia. Arsyad justru senang karena sekarang mulai banyak komikus dan penerbit yang menerbitkan komik. Jadi makin terbukalah lapangan kerja untuk para komikus. Keluhannya terbilang sedikit, muncul ketika ia menemukan beberapa komik yang asal terbit namun secara konten kurang bagus. Tapi menurutnya itu masih dalam tahap kewajaran karena dunia komik Indonesia itupun sedang berkembang.

Arsyad cukup aktif menciptakan komik. Selain seri The Kickers, ia juga terlibat dalam beberapa proyek kompilasi komik seperti kompilasi Para Gokil 4, Kotagede dalam Komik, dan juga dalam proyek workshop komik yang diadakan Goethe Institute pada September 2012. Hasil workshop tersebut dipamerkan bersama karya-karya komikus lain di Galeri Soetopo gedung DKV Institut Seni Yogyakarta pada . Selain karya-karya kompilasi, ia juga menerbitkan beberapa judul komik, seperti Niibi, Super Polem, dan Ruci. Satu lagi kominya berjudul Ciri Negatif Manusia Indonesia terbit pada bulan Desember 2012Sekarang ia rutin mengisi komik strip The Kickers di koran Harian Jogja.

Ia bisa ditemui lewat Kickersarsyad.blogpsot atau kickersarsyad.devianart.com.

Arsyad's artwork Hak Cipta Karya: Ahmad Arsyad

a 'Yes' man

ARTIKEL SERUPA

astrajingga-saardisoma

0 260
Kho-Wan-Gie

0 117
Excerpt from Happy Ending - Azisa Noor

0 151
Beng Rahadian

0 206
Iblis Mengamuk di Mataram

0 164
Tiga Manula ke Singapura

0 140