Bagus Wahyu Ramadhan

Bagus Wahyu Ramadhan

Oleh -
0 150
Bagus Wahyu

Ada yang menggemari Aji Prasetyo atau Kharisma Jati? Nah, Bagus Wahyu Ramadhan merupakan salah satu komikus yang menyenangi mereka berdua, bukan dalam arti secara perasaan melainkan suka karena gaya gambar yang diusung mereka berdua. Mahasiswa jurusan DKV Insitut Kesenian Yogyakarta yang lahir di Jakarta pada 18 Maret 1991 ini mulai menggambar komik sejak duduk di bangku kuliah, meskipun ia mengaku bahwa ia sudah menyukai komik sejak lama – mungkin sejak masih anak-anak.

Tadinya, Bagus membenci gaya gambar manga karena dianggapnya terlalu mainstream. Sejurus, pandangannya berubah – berkat membaca buku Scott McCloud, ia kini lebih demokratis dalam soal gaya yang dipilih. Resepnya: pilih yang bagus, dan buang yang jelek. Sesederhana itu. Hanya saja, ketika menciptakan komik, Bagus tidak mau karakternya memiliki citra visual yang serupa dengan nilai estetik manga. Bagus sangat menyadari bahwa pengaruh gaya dari komikus lain tidak bisa dihindari secara total. Dari Kharisma Jati, misalnya, Bagus mencoba mengapropriasi dan menuangkan ke karya komiknya sentuhan-sentuhan arsiran Jati yang menurutnya sangat menarik dari segi bentuk.

Sementara untuk urusan membuat cerita, Bagus banyak mengambilnya dari buku-buku semacam How to Make Comic (agaknya pula referensi yang banyak ia pakai justru bersumber dari karya Scott McCloud yang berjudul Making Comics. Story Telling Secret of Comics, Manga, and Graphic Novels). Sampai sekarang Bagus tinggal di Yogyakarta dan pernah ikut mengasuh Komik Club DKV ISI Yogyakarta. Sampai saat ini pula Bagus dikenal sebagai salah seorang komikus yang ikut menyumbang komik di kompilasi Kotagede Dalam Komik. Di kompilasi itu komiknya diberi judul “Dibalik Kotagede”. Bagus juga ikut menjembatani para komikus Jogja yang tergabung dalam grup non-formal bernama Forum Komik Jogja.

Bagus' artwork III
Hak Cipta Karya: Bagus Wahyu Ramadhan
a 'Yes' man

ARTIKEL SERUPA

Kho-Wan-Gie

0 117
Excerpt from Happy Ending - Azisa Noor

0 151
Beng Rahadian

0 206
Iblis Mengamuk di Mataram

0 164
Tiga Manula ke Singapura

0 140

0 287