Dave Eggers Mencoba Ngomik

Dave Eggers Mencoba Ngomik

Oleh -
0 38
Dave Eggers

Pernah mendengar nama Dave Eggers? Dia adalah penulis Amerika yang terkenal lewat sebuah memoir berjudul A Heartbreaking Work of Staggering Genius. Dia kini mencoba untuk Ngomik. 

Seperti dilansir laman Guardian, Eggers ingin mencoba untuk merambah dunia lain yang sama sekali di luar keahliannya. Eggers tampaknya mencoba dengan sangat keras untuk mewujudkan keinginannya menggambar bentuk komik. Namun bukan berarti dia tidak berusaha sebelumnya. Pada usia 20-an Eggers telah mencoba menggambar komik, di mana tiga-perempat dari jumlah komik yang dia ciptakan adalah produk gagal.

Namun bukan berarti gagal dalam arti karyanya tidak laku di pasaran. “Suatu waktu saya menempuh pendidikan di sekolah seni, dan mempelajari cara menggambar dan melukis sejak masih sangat mudah. Akan tetapi ketika saya sampai kepada merencanakan dan mengeksekusi komik, karya saya selalu jauh dari berkualitas,” tulisnya di laman Guardian. Dia memiliki opini, di mana dia merasa hal itu terjadi karena dia adalah orang yang sembrono. “Saya dulu adalah pelukis yang banyak bekerja di atas kanvas besar. Karena hal itu saya jadi tidak bisa menggambar dalam panil kecil dengan cara serapi mungkin. Saya merasa frustrasi menggambar di area yang begitu kecil, dan menggambar hal yang sama terus menerus. Ketika itu saya merasa tidak cocok menjadi komikus”, Eggers melanjutkan.

Bagi Eggers, orang-orang seperti Adrian Tomine, Tom Tomorrow, Chris Ware, Julie Doucet, Dan Clowes, Lynda Barry, dan Art Spiegelman adalah jenis manusia yang luar biasa. Rupanya dia selalu menggemari bentuk seni sekuensial seperti komik. Dave Eggers menganggap nama-nama tersebut sebagai kumpulan manusia luar biasa yang bisa menggarap bentuk yang beroperasi di banyak wilayah: tipografi, desain halaman, gambar, dan menulis. Lebih jauh lagi, dia mengatakan bahwa komik sejatinya adalah semacam bentuk yang mirip dengan naskah (screenplay), di mana dialog banyak berperan untuk memberi kemajuan cerita.

Sekarang Guardian Weekend mengajaknya untuk menggarap sebuah komik, namun bukan dalam arti berkolaborasi dengan komikus pro. Ajakan Guardian itu dilontarkan dalam rangka menyambut pameran arsip komik Inggris yang akan diadakan British Library awal Mei mendatang.

Dia kemudian mengambil rutenya sendiri. Menggarap komik sendiri. “Saya mengambil rute lain, menantang diri saya sendiri guna menyelesaikan sesuatu yang harus dikerjakan dengan rapi. Terakhir saya menciptakan komik adalah 20 tahun lalu, dan saya mencoba lagi, meski hasilnya tidaklah berbeda dengan sebelumnya,” katanya. Namun pada akhirnya dia lega, sebab di luar dugaan, menurutnya dia telah menciptakan sesuatu yang kurang lebih bisa dipahami dan tidak memalukan.

Anda bisa menikmati komik garapan Dave Eggers yang berjudul Having Renewed my Fire di laman Guardian.

Editor Jurnal komik Online. Penulis buku Meledek Pesona Metropolitan (2013). Menghidupi hasrat sebagai kurator komik dan penulis musik (metal). Sisi samping: seni, organizer dan bahan bacaan.