Editor MAD Magazine Al Feldstein Meninggal di Usia 88 Tahun

Editor MAD Magazine Al Feldstein Meninggal di Usia 88 Tahun

Oleh -
0 22
Al Feldstein

Seorang veteran di medan industri komik Amerika, Al Feldstein, meninggal dunia di usia 88 tahun, di kediamannya di Montana, Amerika Serikat.

Feldstein memulai karirnya di bidang komik sebagai komikus untuk EC Comics, tepat sebelum Comics Code diberlakukan di era 1950-an, persisnya mulai tahun 1948. Ketika itu dia memulainya sebagai ‘seniman’ sebelum kemudian bekerja juga sebagai penulis komik dan turut membidani editing naskah komik yang diterbitkan EC. Sejak akhir 1950 sampai 1953, dia menyunting dan menulis naskah untuk tujuh judul komik terbitan EC.

Sebagai seorang editor EC, Feldstein bekerja dengan sangat efektif dalam menciptakan cerita grafis yang menyuguhkan relung kehidupan masyarakat Amerika Serikat yang paling dalam. Kebanyakan komik yang disuntingnya waktu itu menyodorkan tema-tema seperti pelecehan anak-anak, kecanduan narkoba, kebrutalan polisi, kekerasan dalam rumah tangga, perkosaan, serta prasangka rasial – tema-tema yang pada tahun 1950-an tampak terlalu tabu untuk diungkap industri televisi dan siaran radio. Feldstein juga ikut terlibat dalam beberapa judul komik horor terkenal garapan EC Comics, di antaranya Tales from The Crypt.

Dalam lingkup yang lebih luas, EC Comics memang terlihat fenomenal ketika itu, oleh karena pendekatannya yang unik. Pada titik ini, Feldstein sedikit banyak berjasa dalam membentuk karakter EC Comics sebagai sebuah penerbitan komik. Penerbit ini dulunya hanya mempekerjakan ‘seniman’ terbaik, dan Feldstein lah yang selalu mendorong mereka untuk mempertahankan gaya personalnya.

Namun semua berubah ketika Comics Code Authority (CCA) diberlakukan pada tahun 1954. Singkat kata, Comics Code merupakan upaya penyensoran yang secara sukarela dilakukan oleh banyak penerbit komik ketika itu. Industri komik Amerika waktu itu yang tumbuh berkat popularitas komik horor dan komik bertema kriminalitas menjadi target utama Comics Code. Khusus EC Comics, penerbit ini dipaksa untuk menghentikan serial yang mereka terbitkan pada 1954.

Dan karena tekanan dari CCA  itulah, EC Comics kemudian memilih untuk berkonsentrasi di majalah humor, MAD. Feldstein bergabung dengan majalah tersebut sebagai editor pada 1956 menggantikan Harvey Kurtzman. “Sederhananya, setiap orang yang tumbuh pada era 1955-1975 pasti membaca MAD, dan dari sanalah rasa humor anda berasal,” kata produser The Simpsons seperti dikutip ComicBook.

Lewat: ComicBook

Editor Jurnal komik Online. Penulis buku Meledek Pesona Metropolitan (2013). Menghidupi hasrat sebagai kurator komik dan penulis musik (metal). Sisi samping: seni, organizer dan bahan bacaan.