Ganes TH

Ganes TH

Oleh -
2 217
Ganes TH

Ada beberapa orang yang menyebut Ganes TH sebagai salah satu dari tiga dewa komik Indonesia selain Teguh Santosa dan Jan Mintaraga. Kompas menulis sebuah berita pada 18 Agustus 2007 yang menyebutkan informasi perihal putra Ganes, Gienardy S, yang telah mengumpulkan sekitar 81 judul komik dan roman, serta 16 sinetron dan 14 film layar lebar karya Ganes. Akademi Sekuensial tidak mengetahui dengan pasti berapa jumlah judul komik yang telah diciptakan oleh Ganes, namun di luar hal tersebut kita bisa tahu bahwa Ganes juga adalah seorang yang produktif, bukan hanya di bidang penciptaan komik melainkan juga film.

Ganes Thiar Santosa, demikian nama lengkapnya, lahir di Tangerang pada 10 Juli 1935.  Salah satu tokoh garapan Ganes TH yang sangat ikonik di kalangan penggemar komik adalah Si Buta dari Gua Hantu. Laman Wikipedia meyebut bahwa ini adalah karakter komik Indonesia yang sangat populer sepanjang masa – kendati klaim ini nyatanya perlu diperiksa kembali. Laman yang sama juga menyebut bahwa Si Buta merupakan komik silat pertama yang muncul di Indonesia. Konon katanya karakter Si Buta lah yang kemudian menyebabkan “demam silat” di kalangan komikus Indonesia, demam yang kemudian memicu komikus lain untuk membuat cerita silat.

Beberapa karyanya seperti Reo Anak Serigala, Taufan, Jampang, dan Tuan Tanah Kedawung konon sangat kental dengan latar belakang Betawi tempoe doeloe. Khusus seri Reo Anak Serigala, tercatat ada lima judul, yakni Mayat Cemburu, Serigala Hantu, Zomba, Hantu Kawah Rinjani, Komodo, dan Neraka Hijau. Judul yang kami sebut di atas tentu saja hanya sebagian judul komik yang pernah diciptakan olehnya.

Ia sempat kuliah di Akademi Seni Rupa Indonesia (ASRI) yang kini berganti nama menjadi Institut Seni Indonesia, di Yogyakarta, meski tidak diselesaikannya sampai tuntas. Menurut cerita, ia juga pernah berguru ke seniman seperti Lee Manfong yang dulu dikenal sebagai pelukis istana di zaman Bung Karno. Ganes meninggal dunia pada 10 Desember 1995. Umurnya 60 tahun waktu dia meninggal.

*dirangkum dari berbagai sumber

Nilam dan Kesumah
Hak Cipta Karya: Ganes TH
a 'Yes' man

ARTIKEL SERUPA

Kho-Wan-Gie

0 117
Excerpt from Happy Ending - Azisa Noor

0 151
Beng Rahadian

0 206
Iblis Mengamuk di Mataram

0 164
Tiga Manula ke Singapura

0 140

0 287
  • Rachmat Purba

    Komikus pada era itu memang banyak yg ngetop sob. Untuk komik silatnya Ganes TH, Teguh Santosa, Hans.. dan banyak dah; untuk cerita komik percintaannya yagak salah lagi Zaldi yg paling ngetop. Nah untuk komik yg kocaknya, kalo pertama baca dan baru saja membuka lembaran lembaran pertamanya mungkin juga bisa sakit perut, saking lucunya, dialah Siopo Iku.

    Dan sobat2 tau gak seterunya Ganes TH?! Yang bikin cerita silat bergambar juga. Betul! Tatang S namanya. Banyak karya Ganes TH yg ditiru gambarnya. Yang telek banget gambar tiruannya adalah Si Buta Dari Goa Hantu. Pakaiannya sama dari kulit uler, cuma pendekarnya gak dibikin buta. Makanya waktu itu Tatang S di kenal dengan “plagiat”. Tapi hasil karya Tatang S waktu itu lumawan juga lakunya, cukup juga digemari orang. Tatang S bikin juga komik kocak seperti Gareng Petruk.

    Masih banyak cerita ana sob tentang perkomikan Indonesia. Udah dulu sampe sini. Mungkin punya kesempetan sambung lagi nanti,……….

    • Yang soal plagiasi itu bisa dikonfirmasi, mas? Kalo ada gambarnya bisa dibagi di sini…:D