Arsip: Indonesian Comics In Island of Images

Arsip: Indonesian Comics In Island of Images

Oleh -
0 57
Aksen-Island-of-Images
Nomor ArsipAS0001KT
JudulIndonesian Comics in Island of Images
PengarangIwan Gunawan & Hikmat Darmawan (editor)
Tahun Terbit2015
Jumlah Halaman24
PenerbitComics Exhibition Team of Indonesian Guest of Honor Franfurt Book Fair 2015 & re:ON Comics

Island of Images: Preview

Kebanyakan orang sudah tahu bahwa tahun ini Indonesia menjadi tamu kehormatan di ajang Frankfurt Book Fair (FBF)yang sudah berlangsung pada 19-23 Oktober 2015 silam. Ajang yang mempertumkan para pelaku bisnis buku di seluruh negara itu juga menghadirkan komik-komik Indonesia, yang mendapatkan tempat untuk dipajang di sana.

Kharisma Jati dan Aji Prasetyo, dua komikus Indonesia yang berkesempatan hadir di ajang tersebut, kembali ke Indonesia dengan membawakan oleh-oleh berupa buku kecil dengan visual sampul berwarna hitam yang terlihat sederhana. Buku tersebut berjudul Indonesian Comics in Island of Images. 24 halaman buku tersebut memuat dua tulisan kuratorial tentang komik Indonesia.

Satu ditulis oleh Iwan Gunawan berjudul Brief History of Indonesia Comics; sementara satu lagi ditulis oleh Hikmat Darmawan dan berjudul Indonesian Comics in the Map of World Graphic Novel. Kedua penulis tersebut sekaligus adalah kurator untuk pameran komik di FBF 2015.

Halaman-halaman lain di dalam buku tersebut berisi profil singkat masing-masing komikus yang berangkat ke Frankfurt dan juga siapa kurator yang bertanggung jawab menyeleksi komik-komik yang dipajang di ajang tersebut.

Tampaknya buku tersebut ditujukan bagi para pembaca/penikmat komik di luar Indonesia (baca: para bule yang ingin tahu tentang komik Indonesia, yang datang ke FBF) yang ingin mengetahui sedikit gambaran tentang medan komik Indonesia.

Hanya saja, meski ada label “kurator” yang disematkan sebagai keterangan di dalam Island of Images, buku kecil tersebut tidak memberikan keterangan lengkap tentang karya mana saja yang turut berangkat dan dipajang di Frankfurt Book Fair.

Memang di tulisan kedua kurator – Hikmat Darmawan dan Iwan Gunawan – pembaca akan menemukan sejumlah gambar komik yang dilengkapi keterangan siapa komikus yang menciptakannya; namun sulit ditemukan keterangan lanjutan, terutama yang bisa menjawab pertanyaan di atas.

Island of Images: Galeri

Editor Jurnal komik Online. Penulis buku Meledek Pesona Metropolitan (2013). Menghidupi hasrat sebagai kurator komik dan penulis musik (metal). Sisi samping: seni, organizer dan bahan bacaan.

ARTIKEL SERUPA

Aksen-Hikayat-Musang-Berjanggut

0 1361
Aksen-Reka-reka-Reklame

0 61