Imajinasi Ulang Komik Batman Pertama lewat ‘Batman Day’

Imajinasi Ulang Komik Batman Pertama lewat ‘Batman Day’

Oleh -
0 69
Bat-Timeline

Pada 29 April lalu DC Comics mengumumkan bahwa pada Sabtu, 23 Juli 2014 adalah hari di mana semua toko buku dan penjual di seantero negara bagian Amerika Serikat merayakan ‘Batman Day’.

Para penggemar yang turut merayakan hari tersebut akan menerima sebuah edisi spesial DETECTIVE COMICS #27 secara gratis. Edisi tersebutu menghadirkan materi yang berisi re-imajinasi debut buku komik Batman yang untuk pertama kalinya terbit pada 1939. Edisi tersebut didesain oleh Chipp Kidd dengan naskah yang digarap oleh Brad Meltzer. Mereka yang beruntung bisa menyambangi toko-toko buku di Amerika di hari tersebut juga diperbolehkan untuk membawa pulang mantel dan topeng Batman dalam edisi terbatas.

DETECTIVE COMICS #27 juga akan hadir secara digital, dan akan tersedia gratis untuk mereka yang ingin membacanya. Tentu ini merupakan sebuah kabar baik bagi mereka yang tidak bisa menyambangi Amerika di hari tersebut. Versi digital edisi tersebut baru akan tersedia pada 23 Juli mendatang di Readdcentertainment.com serta lewat beberapa platform digital lain seperi Comixology, Google Play, Nook, iBookstore, dan Kindle.

Masih terkait dengan ‘Batman Day’, edisi spesial DETECTIVE COMICS #27 juga merupakan rilisan di mana nama Bill Finger (co-creator) untuk pertama kalinyaterlihat di sampul edisi tersebut. Finger dikenal sebagai penulis komik Batman awal, yang berkontribusi untuk penciptaan ‘the Dark Knight’ berserta sejumlah elemen pendukungnya seperti skema warna, kostum, cerita asli, kata-kata seperti “Gotham City” dan “Batmobile”, the Joker, Robin, serta elemen-elemen lainnya. Sayangnya, namanya tidak pernah dihormati (dengan cara disebut di sampul komik Batman) di terbitan manapun, baik di sampul komik, di film-film Batman, serta di medium lain di mana Batman hidup. Apa yang terjadi pada Finger lebih disebabkan karena persoalan hukum.

Sementara itu, film ‘Batman v Superman: Dawn of Justice‘ akan ditayangkan pada 6 Mei 2016 mendatang. Filmnya sendiri masih berada dalam tahap pembuatan, dengan Zack Snyder duduk di kursi sutradara.

Detective-comics-27Photo Credit: DC Comics