Beberapa judul Komik Distopian yang Wajib Dinikmati

Beberapa judul Komik Distopian yang Wajib Dinikmati

Oleh -
0 179
y: the last man

Beberapa menyebut bahwa Watchmen adalah contoh bagus tentang sebuah komik distopian. Distopia? Makhluk macam apa itu? Istilah ini mungkin kurang begitu dikenal telinga kita, namun jelas bukanlah sebuah istilah yang sulit dipahami. Distopia merupakan antonim dari utopia. Distopia dipakai untuk menyebut masyarakat atau komunitas yang menakutkan dan tidak dikehendaki. Masyarakat semacam ini biasanya dicirikan oleh dehumanisasi besar-besaran yang terjadi di segala bidang, meliputi pemerintahan totaliter, bencana lingkungan, atau karakteristik lain yang menunjukkan kerusakan besar di dalam masyarakat.

Ren Mushet melalui Bam Kapow! pernah merilis daftar komik distopian yang wajib dibaca. Memang judul-judul yang disebut barangkali asing bagi pembaca Indonesia, namun tetap menarik untuk diikuti. Berikut tiga judul komik dengan tema distopia yang direkomendasikan oleh Ren:

Transmetropolitan

Transmetropolitan

Transmetropolitan adalah sebuah seri cyber-punk yang ditulis oleh Warren Ellis, dengan visual yang digarap oleh Darick Robertson. Komik ini berfokus pada kehidupan seorang jurnalis bernama Spider Jerusalem, yang pada awal seri, diceritakan sebagai seorang pertapa berjenggot yang sedikit mengalami gangguan jiwa. Ia terpaksa kembali ke kota dari pegunungan untuk menyelesaikan kesepakatan mengenai sebuah buku yang ia buat sebelumnya. Kalau anda adalah seorang penggemar komedi hitam, maka Transmetropolitan wajib anda baca.

Y: The last Man

y: the last man
Sumber gambar: Joey Parsons’ Flickr

Y: The Last Man adalah seri komik pemenang the Eisner Award yang ditulis oleh Brian K. Vaughn. Ceritanya befokus pada Yorick Brown dan monyetnya yang bernama Ampersand. Keduanya berhasil bertahan hidup dari serangan wabah penyakit yang menyerang orang-orang yang memiliki kromosom Y (maksudnya: para pria). Sperma dan embrio berkromosom Y termasuk yang tidak selamat dari serangan wabah itu. Sudah bisa ditebak, masyarakat tiba-tiba terjebak ke dalam kekacauan dan umat manusia berada di dalam ambang kepunahan. Kelompok feminis ekstrim Amazon dalam komik ini banyak mengingatkan pembacanya akan kelompok serupa di dunia nyata yang kerap menyebut diri mereka sebagai Femen. Sebagai sebuah komik distopian Y: The Last Man menyajikan keseimbangan yang menarik antara tema-tema humor dan serius.

The Walking Dead

The Walking Dead
Sumber gambar: Hero Initiative

Serial TV The Walking Dead agaknya merupakan serial yang paling populer di Indonesia, dengan catatan jika anda adalah kelas menengah yang doyan nonton film serial Amerika. Komiknya sendiri merupakan tipikal komik hitam-putih yang becerita tentang keadaan dunia setelah sebagian besar umat manusia berubah menjadi Zombie. Komik The Walking Dead ditulis oleh Robert Kirkman dan visualnya digambar oleh Charlie Adlard. Tema pada komik ini boleh dibilang mengerikan. Tak ada humor kendati karakterisasi tiap-tiap tokok yang muncul menjadikan komik ini tetap menarik.

Komik Distopia lain Yang Mungkin Menarik

V for Vendeta (Alan Moore), Batman: The Dark Knight Returns (Frank Miller), Marvel 2099, dan Wanted (Mark Millar) adalah beberapa judul komik distopian lain yang mungkin bisa menarik perhatian anda. Jepang juga punya beberapa judul yang tidak boleh dilewatkan, termasuk Fist of the North Star (Tetsuo Hara), Ghost in the Shell dan Appleseed (Masamune Shirow), dan Akira (Katsuhiro Utomo). Bagaimana dengan komik Indonesia, adakah judul komik bertema distopia yang bisa disebut di sini?

a 'Yes' man