Pentolan Nirvana Diabadikan lewat Komik

Pentolan Nirvana Diabadikan lewat Komik

Oleh -
0 58
Tribute Kurt Cobain

Ini adalah berita yang agak lawas, namun mungkin tetap menarik. Setelah figur musisi seperti Keith Richards, Jimi Hendrix, Paul McCartney, dan John Lennon dibuatkan komiknya, kini giliran Kurt Cobain yang mendapatkan giliran diabadikan lewat komik. Ya, komik Kurt Cobain kini telah dirilis.

Komik yang didedikasikan dalam bentuk biografi ini diproduksi oleh Bluewater Production, yang sebelumnya juga telah menerbitkan komik tentang figur-figur musisi yang disebut di atas. Sepertinya komik untuk Kurt Cobain diluncurkan dalam rangka memperingati wafatnya gitaris Nirvana itu. Dan boleh jadi Cobain merupakan figur yang sangat populer bagi generasi remaja 90-an, termasuk juga mereka yang menjadi remaja di era 2000-an. Ardyan M Erlangga lewat blognya menyebut bahwa amat lumrah jika kamar kos mahasiswa dan pemuda tanggung dipenuhi poster bergambar Kurt Cobain. Bahkan menurutnya tidak penting lagi apakah yang menempel posternya seorang penggemar Cobain atau bukan, sebab katanya Ikonisitas melampaui aktualitas. Kita kembali ke komiknya.

Komik yang mengisahkan perjalanan hidup sang musisi digarap oleh Jayri Hasyim. Yang digarap adalah kepopuleran hingga rasa sakit yang konon dirasakan Cobain baik secara mental dan emosional. Pihak Bluewater sendiri mengatakan bahwa seri komik biografi tokoh musisi dimaksudkan sebagai bercerita tentang kisah orang-orang yang telah membuat perbedaan. Cobain masuk kriteria tersebut. Komik tersebut telah dipublikasikan 2 April lalu, dan tersedia dalam dua format yakni digital dan cetak.

Dibandingkan kisah hidupnya yang bagi beberapa orang mungkin terasa suram, komik Tribute Kurt Cobain sangat berwarna, terkesan cerah dengan garis-garis kaku nan tegas namun hidup pada latar-objek yang tampaknya tidak digarap secara secara mendetil. Kekakuan garis yang ditonjolkan Tribute membuat komik ini terkesan lempeng-lempeng saja, dilihat dari segi visual. Anda bisa menikmati beberapa preview Tribute Kurt Cobain di laman Comicfleamarket. Tetapi walau bercerita tentang figur musisi populer, terus terang kami tidak begitu berselera dengan model visualitas Tribute yang ada di halaman preview tersebut. Tetapi apakah komik Tribute tersebut sepenuhnya buruk? Belum tentu.

Sumber: Hai Online

a 'Yes' man