Komik Long Tang Thuon Diterbitkan Kembali Melalui Crowd Funding

Komik Long Tang Thuon Diterbitkan Kembali Melalui Crowd Funding

Oleh -
0 48
sampul-komik-Long-than-tuong

Komikus Vietnam, Nguyễn Thành Phong, menggarap ulang sebuah proyek komik lama yang telah dipublikasikan pada 2004 silam: Long Than Tuong (The Dragon General). Sebelumnya dia memutuskan untuk menggalang dana massal guna menerbitkan kembali komik tersebut. 

Long Than Tuong mengisahkan tema historis tentang seorang pemuda bernama Long (Dragon) yang hidup di zaman Dinasti Tran (115-1400). Ini adalah zaman di mana Long hidup di tengah invasi Bangsa Mongol. Periode tersebut memperlihatkan salah satu bababkan paling heroik dalam sejarah Vietnam.

Long mendapat misi untuk membantu pengadilan melawan penjajah dengan kekuatan mistik yang dimilikinya. Menurut kabar yang dirilis oleh Vietnamnews, Nguyễn Thành Phong ingin mengajak pembacanya guna mengintip ke lebih jauh ke dalam sejarah perlawanan orang-orang Vietnam terhadap penjajah, dan bagaimana mereka memenangkan pertempuran dengan cara yang sangat manis dan megah.

Long Than Tuong dikerjakan bersama oleh Nguyễn Thành Phong dan Nguyen Khanh Duong, dan pertama kali diterbitkan pada tahun 2004 silam di majalah Truyen Tranh Tre (Comics for Youth). Komik tersebut mendapat respon yang bagus dari pembacanya, meski kemudian tidak dilanjutkan karena majalah Truyen Tranh Tre dihentikan penerbitannya. Pada awal bulan April silam, mereka berdua memutuskan untuk melanjutkan seri tersebut namun dengan cara melibatkan pembaca lewat program crowd funding melalui situs resmi Long Than Tuong.

Laman Vietnamnews menyebut seri Long Than Tuong sebagai karya yang rencananya akan terbit sebanyak lima jilid, dengan tebal total sekitar 600 halaman. Pada April lalu, komikusnya berharap bisa mendapatkan dana sekitar VND300,000,000 (sekitar $14,280) dalam waktu dua bulan. Dana tersebut akan digunakan untuk menerbitkan jilid pertama dari Long Than Tuong. Di situs resminya sendiri, dana yang berhasil didapatkan – setidaknya sampai tulisan ini dibuat – telah melebihi ekspektasi komikusnya.

Menurut BBC News, penerbitan kembali seri Long Than Tuong membuka jalur baru, di mana Phong menargetkan pembaca berbeda. Dia percaya bahwa orang-orang sepertinya yang tumbuh besar bersama komik sudah siap untuk membaca materi yang lebih dewasa. “Sepuluh tahun lalu kami menargetkan pembaca di rentang usia 13-20 tahun, namun sekarang kami ingin menargetkan komik ini untuk pembaca yang lebih tua,” kata Phong sebagaimana dikutip BBC News.

Kendati demikian, usilnya badan sensor menjadi masalah serius, meski mungkin ia bukanlah sebuah hal yang asing bagi Phong. Pada 2011 silam, komiknya yang berjudul Killer with a Soft Head dilarang terbit di Vietnam karena dianggap menggunakan bahasa yang menghina. Namun usilnya badan sensor tampaknya bisa diredam dengan baik kali ini, sebab Long Than Tuong adalah komik yang penerbitannya dibantu pembaca melalui penggalangan dana massal. Dengan crowd funding, komik tersebut tidak perlu mendapat izin – dan jelas bisa menghindar dari masalah sensor. Lebih jauh lagi, Phong hanya membutuhkan penerbit nantinya, guna membantu urusan distribusi komiknya.