Komik Terkecil …. Di atas Rambut

Komik Terkecil …. Di atas Rambut

Oleh -
0 31
Rambut-dan-komik

Beberapa hari lalu kami memberitakan tentang kemungkinan pergeseran medium komik, dari komik cetak ke digital. Yah, lupakan berita tersebut, sebab kini ada ada hal lain yang lebih mencengangkan: komik dibuat di atas sehelai rambut!

Rambut-dan-komikJika benar komik bisa dibuat di atas rambut, maka tentu akan menjadikannya sebagai komik terkecil yang pernah diciptakan. Adalah seniman asal Jerman bernama  Claudia Puhfurst yang membuat komik lewat medium sehelai rambut manusia. Komik ini diberi judul Juana Knits the Planer, dan dibuat dengan memanfaatkan teknologi FIB yang mengedepankan penggunaan sinar ion terfokus. Dia membuat bidang panil dengan cara memanfaatkan teknologi tersebut.

“Cara kerja teknologi itu seperti laser beam yang ditembakkan dalam kecepatan tinggi ke atas bidang rambut. Ada 12 panil yang disajikan, masing-masing berukuran 25 mikrometer,” kata Puhfurst seperti dikutip oleh Tempo online. Juana Knits the Planer digarap oleh Puhfurst dan Andrew Zonenberg, yang merupakan mahasiswa Rensselaer Polytechnic Institute di New York, Amerika Serikat. Untuk penggarapannya mereka berdua memanfaatkan mesin tipe FEI Versa 3D.

Juana Knits the Planer merupakan bagian dari promosi EHSM (Exceptional Hardware Software Meeting), sebuah ajang yang membahas perkembangan dan masa depan revolusi industri, yang akan diadakan di Hamburg, Jerman mulai dari 27 sampai 29 Juni mendatang.