Hans Jaladara

Hans Jaladara

Oleh -
0 67
komikus-Hans-Jaladara

Hans Jaladara sebetulnya adalah nama pena yang dipakai oleh komikus bernama Hans Rianto Sukandi. Hans lahir di Kebumen, Jawa Tengah pada 4 April 1947. Dia adalah salah seorang komikus yang lebih dikenal lewat serial Panji Tengkorak. 

Kendati demikian, nama pena tersebut baru dipakai olehnya pada awal tahun 1970-an. ‘Jaladara’ diambilnya dari tokoh bernama Wiku Paksi Jaladara yang merupakan toko dalam komik wayang karya Ardi Soma.

Komikus Hans Jaladara awalnya bukanlah komikus yang menggarap cerita silat. Konon menurut kabar ia dulu diminta penerbit untuk membuat komik yang serupa dengan Si Buta dari Goa Hantu (Ganes TH). Waktu itu karya Ganes memang sedang menjadi idola baru di antara para penggemar komik. Tahun 1968 Hans menciptakan Pandji Tengkorak yang rupanya sangat sukses di pasaran. Akhirnya komik tersebut diadaptasi ke layar lebar dengan judul yang sama. Mereka yang bermain dalam film tersebut adalah: Maruli Sitompul, Lenny Marlina, Rita Zahara, Shan Kuan Ling Fungm dan Deddy Sutomo.

Komikus Hans Jaladara disebut-sebut sebagai kreator yang pandai berimajinasi. Segala macam gerakan silat yang digambarkan lewat komik garapannya terinspirasi dari gerakan-gerakan kungfu. Hans dulu memang sempat belajar bela diri tersebut di perguruan Cheng Bu. Selain Kungfu, dia juga pernah belajar judo pada Tjoa Kek Tiong.

Anda bisa menikmati profil lengkapnya dengan membaca artikel berjudul Hans Jaladara: Etnis Tionghoa di Medan Komik Indonesia yang dimuat di bagian lain dari Jurnal Komik Online.

ARTIKEL SERUPA

Hasmi

0 221