Ramai-ramai datang ke Pasar Komik Yuk

Ramai-ramai datang ke Pasar Komik Yuk

Oleh -
0 253
Maskot Pakoban

Poster PakobanKalau sobat aksen sedang menanti event komik lokal, ada baiknya mencermati event yang akan digelar pada Sabtu-Minggu 15-16 maret 2014. Event ini bertajuk Pasar Komik Bandung (Pakoban). Pakoban merupakan inisiatif yang diselenggarakan oleh komunitas komik Bandung Komikara. Bertempat di kota Bandung, persisnya di Bara City Walk, Pakoban menawarkan konsep event yang diarahkan untuk menjadi ajang jual-beli komik Indonesia. Tahun ini adalah event ketiga, setelah dua event sebelumnya diadakan masing-masing pada tahun 2009 dan 2010. “event ini diharapkan menjadi rutin”, demikian kata ketua 1 Pakoban Imansyah Lubis. Rutin maksudnya bukan hanya diadakan selama sekali dalam setahun, melainkan sebanyak 3 kali dalam setahun!

Dengan rencana untuk mengadakannya secara rutin, Pasar Komik Bandung diharapkan bisa menjadi sebuah alat pemicu bagi para pegiat komik supaya mereka secara konsisten mampu berkarya serta membiasakan diri dengan etos kerja industri kreatif. Pakoban dalam banyak hal adalah sebuah simulasi pasar yang diadakan guna mengujicoba sejauh mana apresiasi konsumen potensial terhadap produk yang dihadirkan. Tentu apresiasi yang dimaksud adalah apresiasi terhadap komik Indonesia itu sendiri. Karenanya Pakoban diharapkan bisa menghasilkan umpan balik yang tentu saja akan sangat berguna bagi para komikus Indonesia yang sedang berusaha membangun industri komik di Indonesia.

Akan ada banyak acara menarik di Pasar Komik Bandung, di antaranya adalah coaching clinic, sharing, dan talkshow; yang semuanya dimaksudkan untuk mewadahi lalu lintas wacana di dunia komik Indonesia. Selain ketiga acara tersebut, akan ada juga anugerah komik untuk para peserta Pakoban 3. Review dan launching komik juga akan menjadi bagian dari Pakoban.

Jadi, sobat Aksen, jangan melewatkan acara yang pasti akan sangat menarik itu. Terlampir di bawah adalah susunan acara yang bisa dilihat dengan cara mengklik kata bertuliskan “jadwal acara”.

Jadwal Acara Pakoban 3

a 'Yes' man