Sepekan komik Indonesia 11/04/14

Sepekan komik Indonesia 11/04/14

Oleh -
0 78
Sepekan komik Indonesia

Apa saja warta komik Indonesia sepanjang pekan? Rasanya jumlah sumbernya semakin sedikit, atau kami yang kurang piknik? Meski begitu, masih ada beberapa kabar dari dunia komik Indonesia yang rasanya sayang untuk dilewatkan.

“Macan Putih”, cikal bakal Superhero Indonesia Baru?

Pada 4 April lalu, laman Beritasatu.com merilis sebuah berita peluncuran komik berjudul Macan Putih garapan Irfan Ihsan (mantan penyiar Prambors radio) yang berkolaborasi dengan Novita Tesalonika dan Donny Gandakusuma. Berita itu diberi judul: Komik “Macan Putih”, cikal bakal Superhero baru Indonesia.

Kata Irfan, karyanya tersebut akan sarat dengan cerita kepahlawanan. Tokoh utamanya yang bernama Kinan adalah seorang pelajar yang mendapatkan kekuatan macan putih. Kekuatannya inilah yang kemudian membuat Kinan sadar bahwa dia mendapat tanggung jawab besar: menumpas kejahatan. Apa yang dikatakan oleh Irfan boleh dibilang terasa sangat Hollywood. Anda mungkin ingat Spiderman garapan sutradara Sam Raimi dengan kutipan paman Ben Parker yang sangat terkenal itu: “with great power comes great responsibility.” Apakah Macan Putih terinspirasi dari komik dan film superhero a la Hollywood. Lalu apa bedanya komik ini dengan komik-komik pahlawan super yang sejenis?

Tetapi yang lebih menarik bukan hanya segi tematis dari Macan Putih, melainkan juga klaim Irfan yang menyebut bahwa komiknya itu akan menjadi cikal bakal superhero Indonesia baru. Benarkah demikian? Rasanya tidak, sebab Jagoan Comic telah melakukannya lebih dulu. Namun sayang situs Jagoancomic.com saat ini tidak bisa diakses dan sepertinya nasib para karakter yang ditanganinya pun tidak jelas.

Sumber

Dari Ajang #KosasihDay

Anda ketinggalan Kosasih Day? Jangan khawatir, sebab ada orang berbaik hati memberikan video liputan diskusi #KosasihDay di Jakarta pada 4 April lalu yang bertempat di galeri Serrum. Anda bisa menikmati video liputannya di sini.

Selain dari Jakarta, kota lain seperti Yogyakarta dan Semarang juga menyelenggarakan acara tersendiri untuk mendukung #KosasihDay. Di Yogyakarta berlangsung acara diskusi ngalor-ngidul yang diprakarsai oleh anak-anak Forum Komik Jogja. Sementara di Semarang lebih “tertib”, sebab acara di Taman Garuda Art Space itu memunculkan karya-karya tribute untuk RA Kosasih yang hadir dalam bentuk karikatur, komik, sketsa wajah, serta fan art. Selain itu dipamerkan juga karya komik lama dari beberapa komikus serta beberapa buku dengan tema komik.

Anda bisa membaca liputan lengkap acara Kosasih Day di sini (untuk di Yogyakarta) dan di sini (untuk di Semarang).

Belajar Perbendaharaan kata Lewat Komik

Seruu.com merilis sebuah berita di mana Udjo Project Pop mengaku bahwa komik bisa menjadi sarana untuk memperkaya perbendaharaan kata. Lebih jauh ia melanjutkan bahwa komik membuat daya imajinasinya semakin kaya. Pengakuan itu diudarkannya di sela-sela peluncuran komik Macan Putih.

Sumber

a 'Yes' man

ARTIKEL SERUPA

Sepekan komik Indonesia

0 124