Tambah Usia, Sukribo Gelar Pameran Tunggal

Tambah Usia, Sukribo Gelar Pameran Tunggal

Oleh -
0 200
poster Sukribo

Oleh: Rosalia FS

opening Sukribo
Ndagel (AKSI/M Hadid)

Jika anda salah satu penggemar komik strip Harian Kompas Minggu, tentunya sudah sangat mengenal karakter kribo yang nyengiti. Ya, Sukribo adalah pemuda jenaka dengan rambut kribo tebal. Joke atau candaan ala si pemuda tidak jauh-jauh dari kesan seputar carut-marut situasi sosial-politik yang kemudian digugatnya melalui sindiran-sindiran menohok, sejak tahun 2003.

Rupanya kartunis Kompas, Ahmad Faisal Ismail atau akrab dipanggil Mail sudah sukses menghidupkan satu dekade karakter kribo Cs. lewat komik strip karyanya. Oleh karena itu, kelanggengan umur komik strip kribo layak dirayakan, dan memang sudah dirayakan pada hari Jum’at malam (7/1) di halaman gedung Bentara Budaya Yogya (BBY). Inilah malam pembukaan pameran tunggal “Sukribo 1 Dekade (2003-2014)” yang berlangsung sangat meriah sebab dihadiri pula oleh para seniman, komikus dan kartunis, akademisi, serta masyarakat umum.

Di dalam pameran ini, utamanya pengunjung bisa melihat kumpulan komik strip Sukribo telah terpajang rapi di dalam pigura sepanjang ruangan. Tentu saja, lengkap dengan ciri khasnya, selalu melempar kritik serta sindiran bernada politis. Antara lain, menyikapi drama dalam kasus Bank Century atau juga tentang kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

Maka jika gaya bertutur ala Mail cukup menggelitik anda, masih ada banyak waktu untuk menghampirinya di Bentara Budaya Yogya, Jalan Suroto 2 Kotabaru. Pameran dalam ruang Bentara Budaya akan digelar selama sepekan, sampai selasa mendatang (14/1).

Akhir kata, saya ucapkan selamat berusia lanjut bagi kribo dan sukses selalu untuk sang kartunis yang tidak kribo, Mail.