The 5th International Scholarly Conference 2013

The 5th International Scholarly Conference 2013

Oleh -
0 62
seminar internasional komik

Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB dan International Manga Research Center (IMRC), Kyoto, akan menyelenggrakan konferensi bertajuk the 5th International Scholarly Conference 2013. Konferensi ini akan diselenggarakan di kampus Institut Teknologi Bandung, Indonesia, 14-16 Juni 2013, dan didukung sepenuhnya oleh Goethe-Institut Indonesia. Tema konferensi kali ini adalah “Komik Alternatif: dari Graphic Diary ke Gaya Manga”.

Orientasi konferensi kali ini menitikberatkan pada pandangan bahwa ada jalinan kesamaan antara gaya Graphic Diary dan Komik (Indonesia) bergaya Manga. Dengan kata lain, keduanya sama-sama mendapatkan kategori alternatif. Pertanyaanya, gaya tersebut merupakan alternatif terhadap apa? Mengapa keduanya disebut alternatif? Capaian-capaian estetis macam apa yang bisa terlihat dari kedua jenis gaya berkomik tersebut?

Jika pertanyaan-pertanyaan di atas juga anda tanyakan dan membuat anda penasaran, maka anda perlu menghadiri konferensi tersebut. Barangkali anda bisa mendapat jawaban memuaskan dari para kritikus, akademisi, dan para komikus yang kompeten yang hadir di sana.

Beberapa nama dari Indonesia yang terlibat di forum akademis tersebut adalah Nano Warsono, Terra Bajraghosa, Tita Larasati, Chris Lie, Seno Gumira Ajidarma, dan Sheila Rooswita. Forum tersebut menyajikan workshop komik bersama Caroline Walchkonferensi dan artist talks, serta eksibisi . Informasi lebih lanjut bisa anda peroleh melalui situs 5isc2013. Anda yang berminat mengikuti workshop, serta diskusi panel dan artist talks bisa mendaftarkan diri anda dengan mengikuti petunjuk yang tersedia melalui laman ini. Seluruh kegiatan bersifat gratis. (ed)

 

a 'Yes' man