Komik Muslim The 99 Dilarang Ulama Arab Saudi

Komik Muslim The 99 Dilarang Ulama Arab Saudi

Oleh -
0 199
the 99 comics

Terkadang sebuah produk visual, apapun bentuknya, mau itu komik atau kartun yang sebetulnya dimaksudkan sebagai pembawa pesan perdamaian, tidaklah selalu diterima oleh semua kalangan.

Contoh paling baik tentang hal tersebut bisa kita lihat pada sikap seorang ulama Arab Saudi Sheikh Abdulaziz al-Sheikh yang mengatakan bahwa animasi yang diangkat dari komik muslim the 99 adalah sebuah pekerjaan setan, dan karenanya umat muslim dilarang untuk menonton animasi tersebut. Laman Kompas.com melansir bahwa film animasi yang “difatwakan haram” itu sedang ditayangkan oleh MBC3, sebuah stasiun televisi milik pengusaha Arab Saudi yang berbasis di Dubai.

the 99 comics
Sumber gambar: Comicalliance

Alasan penolakan Abdulaziz sangat sederhana: konon katanya animasi yang diangkat dari The 99 merupakan sebuah penghujatan terhadap Tuhan umat muslim. The 99 itu sendiri adalah sebuah komik yang diterbitkan oleh Teshkeel Comics yang menyajikan cerita pahlawan super berbasis agama dan kultur Islam. Tim di balik penciptaan The 99 sendiri terdiri dari Ron Wagner, John McCrea, Dan Panosian, June Brigman, Stuart Moore, dan Fabian Nicieza. Semuanya merupakan orang-orang yang bekerja baik untuk DC Comics maupun Marvel. Meski seri The 99 didasarkan pada latar belakang islami, komiknya sendiri dipromosikan sebagai entitas dengan tema yang universal. Tiap-tiap karakter beriman atas nama agamanya sendiri tanpa disebutkan secara eksplisit dalam komik tersebut. Seri strip pertama bagian dari The 99 muncul pada tahun 2006 di Kuwait.

The 99 diterbitkan dalam bahasa Arab dan Inggris, serta termasuk komik yang memenangkan banyak pujian dan penghargaan. Peredaran The 99 sudah mencapai tingkat global, di mana komik ini dijual ke seluruh negara dan bahkan suvenir yang berkaitan dengan komik tersebut sudah beredar dengan bebas (walau belum tentu ada di Indonesia, ada yang tahu?). Di Kuwait, sebuah taman hiburan yang berkaitan dengan The 99 telah dibangun.   

Haram untuk dinikmati? Setidaknya pemerintah Arab Saudi sendiri telah melarang komik tersebut untuk diedarkan di negara tersebut.

Sumber