Tuna Kala (Ulasan)

Tuna Kala (Ulasan)

Oleh -
1 167
Aksen-Tuna-Kala

Schizophrenia, adalah jenis penyakit yang menyebabkan penderitanya mengalami delusi, dan tidak mampu memisahkan kenyataan dan ilusi. Hal inilah yang menjadi tema utama dalam komik yang berjudul Tuna Kala, karya Potonv, yang diterbitkan oleh Sekte Komik, sebuah komunitas komik kampus di Institut Kesenian Jakarta (IKJ).

Diceritakan Kinanti, seorang perempuan yang kehilangan ayahnya yang mati bunuh diri akibat depresi karena menjadi tersangka korupsi, dan ibunya yang menjadi gila karena hal itu. Kinanti yang malang itu akhirnya hidup bersama tantenya. Di sana, Kinanti berteman dengan Dini, seorang perempuan lain yang memiliki hari ulang tahun yang sama dengannya, 29 Februari, yang kemudian menjadi sahabat dekatnya.

Lebih lanjut, dalam kehidupannya Kinanti kemudian berpacaran dengan Angga, yang sedang menangani sebuah proyek besar tentang luar angkasa. Disinilah konflik cerita bermula. Kinanti merasa lelah dan eneg dengan sikap Angga yang kurang perhatian dan tidak punya waktu untuknya. Kinanti mengira bahwa sang pacar mulai bosan dengannya. Ia mulai merasa curiga, dan menduga bahwa Angga telah mengkhianatinya, berselingkuh dengan cewek lain.
Suatu malam, setelah sebuah hubungan seksual diantara mereka, Kinanti memeriksa telepon genggam milik Angga, dan menemukan kenyataan itu. Kecurigaannya terbukti benar. Angga selingkuh. Yang lebih mengejutkan, Angga ternyata berselingkuh dengan sahabat dekatnya sendiri, Dini.

Cerita kemudian berpindah pada penjelasan mengenai siapakah Dini, yang ternyata adalah Kinanti sendiri, dalam pribadinya yang kedua. Seorang sahabat imajiner, kepribadian kedua, dari seorang penderita schizofrenia yang tenggelam dalam obat-obatan.

Meski bagi saya kisah kisah perselingkuhan sang pacar dengan sahabat dekat adalah sumber cerita yang klise, tapi sang komikus mampu mengemasnya menjadi sesuatu yang menarik. Potonv mampu mengangkat ide-ide tentang kecemburuan, cinta, dan persahabatan menjadi kisah yang kelam dan muram dalam kehidupan seorang pengidap schizophrenia. Menegangkan, tapi juga seru. Alur cerita disusun rapih dalam sejumlah panil gambar dan balon kata, dengan susunan yang mampu membuat pembaca terus penasaran membacanya dari halaman ke halaman. Gaya gambar yang rapi dan keren juga menjadi nilai tambah untuk komik setebal 56 halaman ini.

Kasus schizophrenia dalam sebuah komik ini mengingatkan saya pada kisah Ruth dalam novel grafis “Swallow Me Whole”, meski dengan kisah yang berbeda. Potonv juga menyinggung Enid dan Rebecca, tokoh dari novel grafis “Ghost World”, dalam percakapan tentang persahabatan antara Kinanti dan Dini. Komik ini, Tuna Kala, adalah sebuah kisah yang menarik, setidaknya menurut standar saya untuk komik Indonesia.

Diluar itu, saya tak cukup paham tentang arti “antologi #2” yang menjadi kalimat kecil di dibawah judul komik Tuna Kala. Dalam pengertian saya, antologi berarti kumpulan, misalnya pada antologi puisi atau cerpen, namun komik ini adalah komik tunggal, “one shot”, tanpa cerita lain didalamnya. Yang saya ketahui Potonv memang membuat satu komik sebelum ini yang dijuduli Jagger Myth, antologi waktu #1. Mungkin pengarangnya memang berniat untuk menjadikannya sebuah antologi suatu saat nanti. Dan kata-kata antologi waktu mengingatkan saya pada komik antologi terbitan Metha Studio beberapa waktu lalu dengan judul sama: Antologi Waktu.

Komik ini cukup serius, tak ada humor humor ala komik strip didalamnya, sehingga meskipun tak membaca sebuah kalimat di halaman judul: “sebuah komik yang semoga serius oleh @Potonv”, pembaca akan paham bahwa ini bukan komik lucu atau humor. Saya tak paham (untuk kedua kalinya) maksud kalimat itu, apakah merujuk pada cerita, atau pada proses penggarapan, atau mungkin keduanya. Yang jelas, sebagai pencinta dan pendukung komik Indonesia, anda harus membaca komik ini.

Ikhtisar
Sakit
Penikmat banyak hal: komik, musik, film, sastra, sejarah, hutan, gunung, tebing batu, goa, sungai, ide dan wacana, perempuan, alkohol, tembakau, agama, dan apa saja. Bekerja di bidang kehutanan sebagai Chain of Custody specialist dan berharap selalu muda.