Zaldy

Zaldy

Oleh -
0 160
Zaldy

Editor jurnal komik online pernah bertanya ke beberapa orang perihal satu nama, Zaldy. Pertanyaan mudah sebetulnya: apakah mereka tahu siapa dia? Kami bertanya kepada lima orang dan tiga orang dari mereka tidak tahu siapa itu Zaldy; sisanya tahu namun memberi paparan yang sangat singkat: dia adalah komikus yang terkenal karena genre komik romannya. Menurut Yan Widjaja dalam sebuah artikelnya bertajuk Pendekar-Pendekar komik Tonghoa, ia adalah satu satu dari lima serangkai di mana nama-nama lain seperti Hans Jaladara, Sim, Ganes TH, dan Jan Mintaraga termasuk di dalamnya. Nama lengkapnya adalah Zaldy Armendaris (selanjutnya kami sebut Z).

Konon – menurut Yan Widjaja – karya dan coretan Z sangat digemari di zamannya, oleh karena kemampuan menggambarkan laki-laki dan perempuan dalam paras yang sangat elok. Z lahir di Jakarta pada tanggal 21 Januari 1942. Ia adalah anak kedua dari empat bersaudara, yang lahir dengan nama Zaldy Purwanta. Namanya sangat terutama pada periode yang disebut sebagai periode kejayaan komik Indonesia yang berlangsung pada tahun 1960-an sampai 1980-an. Genre roman yang ditekuninya membuahkan sekitar 60 judul komik yang terbut di antara 1966-1971. Situs Jakarta .go.id menyebut bahwa kisah roman remaja yang dinarasikan oleh Z sebagian besar berisi percintaan remaja yang sangat romantis. Tiap-tiap malam yang dinarasikan Z selalu penuh dengan pesta, bulan purnama. Pendek kata, tak ada kesusahan. Konon katanya karakteristik narasi yang disajikan oleh Z itu sedikit banyak dipengaruhi oleh momentum kebebasan setelah ambruknya rezim Soekarno. Kendati demikian klaim ini perlu diperiksa lebih lanjut lagi.

Z meninggal di Jakarta pada tanggal 19 September 2000. Akademi Sekuensial tidak punya data lengkap mengenai 60 judul komik karya Zaldy yang pernah diterbitkan pada kurun 1966 – 1977. Namun bolehlah beberapa judul disebut di sini:

  1. Setitik Air Mata buat Peter. Karya ini pernah difilmkan dengan judul Air Mata Kekasih (1971)
  2. Mawar Putih
  3. Tetesan Air Mata Cinta
  4. Murni Nama Gadis Itu
  5. Cinta Pertama
  6. Sebuah Hati Jang Sunji
  7. Episode Kedua
  8. Kasih Bersemi. 

*tulisan ini disarikan dari berbagai sumber, termasuk ensiklopedia dan artikel berjudul Pendekar-Pendekar Komik Tionghoa.

Zaldy
Hak Cipta Karya: Zaldy
a 'Yes' man

ARTIKEL SERUPA

Kho-Wan-Gie

0 117
Excerpt from Happy Ending - Azisa Noor

0 151
Beng Rahadian

0 206
Iblis Mengamuk di Mataram

0 164
Tiga Manula ke Singapura

0 140

0 287